Di Balik Duet Yos Lede-Aurum Titu Eki, Ada Komunikasi Politik yang Beretika

  • Whatsapp
Yos Lede bersama Aurum Titu Eki/dok

Kupang – Yosef Lede bersama keluarga dan sejumlah relawannya, menyambangi kediaman Ayub Titu Eki, mantan bupati Kupang, Minggu (28/7/2024) malam.

Yos datang ke sana untuk menyampaikan maksud politiknya memohon kesediaan Aurum Titu Eki menjadi calon wakilnya untuk memperebutkan kursi bupati dan wakil bupati Kupang periode 2024-2029 pada Pilkada 27 November 2024.

Ayub Titu Eki, orang tua Aurum kepada lintasntt.com, Senin (29/7) menyampaikan puterinya telah menyampaikan kesediaannya menjadi calon wakil dari Yosep Lede. Kesediaan Aurum Titu Eki, sang Arsitek jebolan Universitas Tri Sakti itu mendapat dukungan orang tua, saudara dan keluarga.

Sebagai orang tua, Ayub menangkap kesan berbeda dalam pertemuan tersebut. “Ada etikanya,” kata Ayub Titu Eki lewat sambungan telepon.

Ia menyampaikan Yos Lede datang menyampaikan niatnya secara langsung bersama keluarga dan tim relawan dengan pendekatan keluarga yang kental nuansa budayanya. “Ia tidak sampaikan lewat telepon, tapi datang secara kekeluargaan, ada kesan budayanya, sebagai orang tua kami hargai komunikasi seperti itu,”katanya.

Sebelum menyampaikan inti dari maksud kedatangannya, kata Ayub Titu Eki, Yos Lede menyampaikan permohonan maaf terlebih dulu atas beredarnya sejumlah informasi lewat berbagai media sosial kalau dirinya dan Aurum sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kupang. Itu dirasa sebagai hal yang kurang baik sehinga perlu disampaikan permohonan maaf secara langsung.

Maksud Yos tersebut kata Ayub Titu Eki disampaikan langsung kepada Aurum Titu Eki yang didampingi kedua orang tua dan saudara-saudaranya.

Usai menyampaikan permohonan Maaf, kata Ayub Titu Eki, Yos didampingi keluarga dan Tim relawan menyampaikan niatnya memohon Aurum Titu Eki menjadi calon wakilnya di Pilkada Kupang.

Pihaknya tidak memaksakan kehendak kepada Aurum dalam menentukan sikap politiknya. “Pak Yos Sampaikan langsung kepada dan Aurum putuskan sendiri bahwa dia siap jadi calon wakil dari pak Yos, kami tidak campur,” katanya.

Disampaikan sebagai orang tua dia mengenali betul karakter anaknya yang selalu tidak mudah mengambil keputusan tanpa melalui pertimbangan-pertimbangan rasional. “Naluri politik Aurum itu mulai tampak dari lulus SMA, sempat kuliah jurusan hubungan internasional, kemudian gabung partai Gerindra dan kini memilih PSI karena partai anak muda,”katanya.

Karena itu sambung Ayub Titu Eki, keputusan Aurum untuk bersedia mendampingi Yos Lede sebagai calon wakil bupati diyakini sudah didasarkan atas pergumulan dan pertimbangan-perrimbanban yang logis.”Kami orang tua dan keluarga dukung saja karena itu sudah keputusannya,”katanya.

Pada kesempatan tersebut sambung Ayub, Yos Lede juga menyampaikan kalau sudah beberapa partai politik yang siap mendukunganya dengan alokasi kursi sudah mencapai 7 kursi. “Pak Yos bilag sudah ada partai yang siap dukung dengan total kursi tujuh diluar PSI, kalau PSI dukung ya bisa lebih,” katanya.

Meski Aurum adalah petinggi PSI di kepengurusan provinsi NTT namun kata Ayub, keputusan Aurum itu masih merupakan keputusan pribadi bukan partai PSI. “Kalau akhirnya PSI memutuskan Aurum sebagai wakil untuk pak Yos ya syukur tidak pun kami bersyukur, karena kami sadar semua proses Tuhan yang atur, kita cukup berusaha,” katanya.

Pantauan media ini baliho Aurum Titu Eki sebagai bakal calon wakil bupati Kupang mulai terpasang disejumlah titik sepanjang ruas jalan Timor Raya wilayah kabupaten Kupang.

Atribut tersebut mulai terlihat akhir pekan kemarin sebelum Yos Lede menyambangi kediaman Ayub Titu Eki untuk maksud tersebut. (Jmb)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *