Pameran Merdeka Belajar, Unjuk Capaian Berbagai Satuan Pendidikan

  • Whatsapp
Foto: Tesha

Kupang – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek di Nusa Tenggara Timur (NTT) berkolaborasi dengan berbagai satuan pendidikan di NTT menggelar Pameran Merdeka Belajar sebagai sarana untuk mempublikasi hasil belajar dan pencapaian program merdeka belajar di berbagai satuan pendidikan.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek di Nusa Tenggara Timur (NTT) secara kolaborasi menyelenggarakan Pameran Merdeka Belajar dalam rangka merayakan Bulan Merdeka Belajar pada Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Pameran dengan tema Merdeka belajar, Merdeka Berbudaya dilaksanakan sejak 16 sampai 18 Mei 2024 di pelataran Kantor Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi NTT.

Read More

Ketua Panitia Basilius Widy dari BPMP Provinsi NTT menyampaikan tujuan penyelenggaraan Pameran Bulan Merdeka Belajar tahun 2024 di NTT adalah sebagai sarana untuk mempublikasi hasil belajar dan pencapaian program merdeka belajar di berbagai satuan pendidikan.

“Penyelenggaraan pameran bulan merdeka belajar sebagai sarana untuk mempublikasi semua karya dan hasil pembelejaran siswa-siswi, mahasiswa, serta guru, dan dosen sebagai bagian dari implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan dan juga di kampus. Ini juga kesempatan untuk saling belajar dan berbagi antara instansi terkait, satuan pendidikan, lembaga pendidikan, baik secara internal maupun kolaborasi lintas sektor,” kata Widy.

Widy menjelaskan kolaborasi menginisiasi pameran bulan merdeka belajar dengan berbagai kegiatan menarik. Ada stand pameran, tarian dan musikalisasi puisi, produk inovasi internet of things, gelar wicara kurikulum merdeka, mendongeng dwi bahasa, cabaret, pojok baca, mural, dan sejumlah atraksi menarik lainnya,” tutup Widy.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Yanuarius Laka menyampaikan apresiasi dan dukungan yang tinggi atas terselenggaranya pameran ini.

“Kita butuh kerja kolaborasi. Merdeka Belajar mengajak kita semua gotong royong untuk memberi dampak yang lebih besar. Untuk itu, inovasi yang sudah ada ini perlu kita rawat dan tingkatkan. Kita perlu merayakan dan melanjutkan merdeka belajar dengan suka cita karena merdeka belajar berbicara tentang masa depan generasi ke depan. Kita harus menyiapkan generasi berkualitas melalui pendidikan yang berkualitas,” kata Yan.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati menyampaikan kegembiraannya dengan pencapaian belajar satuan pendidikan di NTT yang dipamerkan.

“Kami sangat gembira dan mengapresiasi semua hasil karya dan pembelajaran yang ada di kolaborasi pameran bulan merdeka belajar ini. Kami melihat banyak sekali kreativitas yang dihadirkan. Ada produk-produk inovatif yang menarik. Kita berharap, pameran ini menambah semangat belajar kita untuk terus menyebarkan hal-hal baik yang ada di kurikulum merdeka. Terima kasih untuk kerja kolaborasi yang baik ini,” ungkal Elis saat mengunjungi salah satu stand.

Kegiatan diikuti oleh berbagai kampus negeri dan swasta di NTT di antaranya, Universitas Nusa Cendana, Universitas Kristen Artha Wacana, Politeknik Negeri Kupang, Politeknik Pertanian Kupang, dan Universitas Timor. Juga dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dan Kota Kupang. Sementara UPT Kemendikbudristek di NTT terdiri dari oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XV, Balai Guru Penggerak (BGP) NTT, Balai Pelestarian Budaya (BPK) Wilayah XVI, dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) NTT.

Sementara mitra pembangunan bidang pendidikan yang terlibat dari Inovasi Pendidikan untuk Anak Indonesia, Perkumpulan Stimulant mitra Save the Children, Garamin NTT, CIS Timor mitra Unicef dan Yayasan Tunas Aksara.

Adapun kegiatan Pameran Bulan Merdeka Belajar di provinsi NTT dikemas dalam berbagai kegiatan, diantaranya pameran media belajar dan produk kreatif, melalui stand pameran, pentas kreasi, gelar wicara dan sejumlah antraksi menarik lainnya dari berbagai satuan pendidikan dan kampus. (tesha)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *