Jurnalis Warga Sasando Kupang Turut Berpartisipasi dalam Diskusi Tematik Perubahan Iklim

  • Whatsapp
Jurnalis Warga Sasando Kupang/dok AJI

Kupang – Sejumlah Jurnalis Warga (JW) Sasando Kupang turut berpartisipasi dalam diskusi tematik terkait perubahan iklim di Kupang, Kamis (2/11/2023).

Diskusi digelar Konsorsium C4Ledger, Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan AJI Kupang, Selain jurnalis warga, para peserta juga berasal dari AJI Kupang serta mahasiswa alumni Undana.

Kegiatan dibuka oleh Ketua AJI Kupang, Djemi Amnifu. Dalam sambutannya, ia mngatakan diskusi tersebut ini sangat berguna bagi para Jurnalis terutama Jurnalis lokal,

“Bagaimana kita mampu peka terhadap isu perubahan iklim dan dampaknya terhadap berkelanjutan kehidupan saat ini,” kata Djemi.

Adapun narasumber diskusi ini yakni Laban Laisila, Koordinator Divisi Organisasi AJI Indonesia dengan materinya yang berjudul Peran Jurnalis Untuk Menyuarakan Isu-Isu Perubahan Iklim dan Dampaknya.

Kemudian Vincen Bureni, Direktur Bengkel APPEK (Dampak Rapid Assement El Nino,dan Advokasi NGO pada level Grassroot), dan Febrilia Ekawati, Direktur YKWS (Dampak Perubahan Iklim Terhadap Perempuan, Anak-Anak, Disabilitas, dan Kelompok Rentan Lainnya).

Diskusi tematik terkait perubahan iklim ini sangat memberi banyak pemahaman baru bagi para jurnalis. Kegiatan diskusi ini nampak terlihat berjalan sukses dan lancar, antusias para peserta menambah kesan luar biasa.

Tesa Tapung salah satu anggota Jurnalis Warga Sasando Kupang mengatakan tema diskusi menginspirasi terutama yang terkait dengn dampak perubahan iklim bagi anak, perempuan dan disabilitas.

“Sebagai seorang jurnalis perlu mengasah pemikiran agar semakin peka dan harus lebih jauh melihat isu-isu implisit dimasyarakat sehingga adanya keterbukaan pemikiran bagi masyarakat dan pemerintah” tuturnya. (nita)

 

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *