Lima Unit Pembangkit di PLN NTT Raih Penghargaan Proper Biru KLHK 2023

  • Whatsapp
Foto: PLN

Kupang – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk lima unit pembangkit pada puncak acara Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi NTT. (7/6).

Lima unit pembangkit PLN NTT tersebut yaitu tiga unit pembangkit di Pulau Timor yaitu PLTD Tenau di Kota Kupang, PLTU Bolok di Kabupaten Kupang dan PLTD Atambua di Kabupaten Belu. Sementara dua unit pembangkit lainnya di Pulau Flores yaitu PLTMG Maumere di Kabupaten Sikka dan PLTMG Rangko di Kabupaten Manggarai Barat.

General Manager PLN UIW NTT, I Gede Agung Sindu Putra berkomitmen untuk terus meningkatkan peran PLN menjaga lingkungan hidup terutama disekitar aset PLN.

“Kami berupaya untuk turut berperan menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar aset PLN, baik di lingkungan kantor, unit pembangkit, transmisi dan distribusi. Perhargaan Proper Biru yang diraih tentunya bentuk komitmen kami dan akan kami tingkatkan kedepannya. Dan dukungan mitra terkait kami juga sangat dibutuhkan sehingga membantu kami untuk evaluasi dan melakukan perbaikan”. Jelasnya.

Sindu juga berterima kasih kepada KLHK dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi NTT atas penghargaan yang diberikan.

“Terima kasih kepada KLHK dan DLHK Provinsi NTT untuk apresiasi yang sudah diberikan kepada kami, semoga menjadi motivasi untuk lebih berkontribusi pada bumi flobamora”. pungkasnya.

Proper Biru diraih PLN karena telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai ketentuan perundangan lingkungan yang berlaku yaitu mencapai penilaian minimal dalam beberapa kriteria bidang meliputi tata kelola air, kerusakan lahan, pengendalian pencemaran laut, pengelolaan limbah B3, pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air dan implementasi AMDAL.

Sambutan Menteri KLHK yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi NTT, Ondy Christian Siagian mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk peduli dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang sehat dan kondusif serta bebas dari sampah plastik.

“Saya mengajak seluruh masyarakat kita untuk terus menggalakan berbagai langkah dan upaya untuk mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif dan sehat. Sebagai bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sebagai negara dengan kearifan lokal yang tinggi, mari kita hidupkan kembali dan tanamkan pengetahuan dan pendekatan modern inovatif menuju negara yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik”. jelasnya.

Selain penghargaan Proper Biru, PLN NTT juga mendapat predikat peringkat terbaik pelaporan pengelolaan lingkungan yaitu PLTU Ropa di Kabupaten Ende dan PLTP Ulumbu di Kabupaten Manggarai.

Puncak acara memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang mengusung tema Solusi untuk Polusi Plastik dengan slogan #beatplasticpollution diikuti berbagai instansi, perusahaan BUMN dan Swasta yang ada di Kota Kupang. (*)

Editor: Gamaliel

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *